Free Access Easy Tutorial Best Update
TEMPAT BERBAGI ILMU | BERBAGI INFO | BERBAGI SOFTWARE KOMPUTER GRATIS

Tutorial Microsoft Word 2007

Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.

Sedikit Sejarah mengenai Microsoft Word :
Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai. Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.
Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.
Berikut ini adalah deskripsi tentang isi dari ebook panduan word 2007 yang bisa didownload secara gratis khusus untuk Rekan2 WES, rincian isi buku tersebut dibagi dalam beberapa modul yang terdiri dari ratusan halaman, selengkapnya bisa dilihat di bawah ini :

Modul 1. Membuat Dan Menyimpan Dokumen Kerja
Menjalankan Microsoft Word 2007
Pengenalan Interface/Tampilan Word 2007
Mengaktifkan Menu–Menu Pada Microsoft Word 2007
Membuat Dokumen Baru Dalam Microsoft Word 2007
Menyimpan Dokumen  Kerja
Menutup Dokumen Kerja

Modul 2. Mengedit Dokumen Kerja Dan Memformat Huruf
Membuka Dokumen Kerja Yang Telah Di Simpan
Memilih Teks Yang Akan Di Format/Edit 
Memindahkan Dan Menduplikasi Teks
Memformat Huruf/Font
Mengatur Perataan Paragraf

Modul  3. Memformat Paragraf, Bullet Dan Numbering, Drop Cap Dan Spasi Baris
Membuat Numbering
Membuat Bullet 
Membuat Drop Cap
Mengatur Jarak Baris/Spasi Baris

Modul 4  Mengatur  Jarak  Paragraf,  Orientasi  Halaman  Dan Menyisipkan tanggal
Mengatur Jarak Antar Paragraf.
Mengatur Jarak Indentasi (Jarak Teks Terhadap Margin).
Mengatur Margin, Ukuran Dan Orientasi Halaman/ Page Size
Menambahkan tanggal dalam dokumen

Modul 5 Membuat Bingkai Dokumen Dan Pangaturan Tabulasi
Membuat Bingkai Halaman, Paragraf Dan Teks.
Menggunakan Menu Tab
Menghapus Tabulasi Dalam Dokumen
Membuat Tabulasi Menggunakan Ruler

Modul  6.  Mencari  Teks,  Halaman,  Menggabungkan  Dokumen  Dan Menggunakan Format Kolom.
Mencari (Find) Dan Mengganti (Replace) Teks
Berpindah Ke Halaman Tertentu
Menggabungkan Dua Dokumen Atau Lebih
Menggunakan Format Kolom Dalam Dokumen

Modul  7.  Bekerja Dengan Header &  Footer Dan Menyisipkan  Simbol Dan Nomor Halaman
Membuat Header Dan Footer
Menghapus Header Dan Footer
Menyisipkan Simbol
Menyisipkan Nomor Halaman

Modul 8. Menyisipkan Text Box, Word Art, Dan Clip Art
Menyisipkan Text Box Dalam Dokumen
Menyisipkan Word Art
Menyisipkan Clip Art

Modul  9. Membuat  Equation,  Hyperlink, Watermark  Dan Mencetak Dokumen
Menyisipkan Objek Equation
Membuat Dan Memanfaatkan  Hyperlink
Menggunakan Watermark
Mencetak Dokumen Dengan Format Tertentu 

Modul  10. Membuat Dan Menghapus  Tabel,  Konversi  Teks  Ke  Tabel Dan Tabel Ke Teks
Membuat Tabel
Menghapus Tabel
Mengkonversi Table Ke Teks
Mengkonversi Teks Ke Tabel

Modul 11. Memanipulasi Tabel
Mengatur Border Dan Shading  Tabel
Menyisipkan Baris Dan Kolom Pada Tabel
Menghapus Baris Dan Kolom Tabel
Mengatur Tinggi Baris Dan Lebar Kolom
Menggabungkan Dan Memisahkan Baris Dan Kolom Tabel

Modul 12.  Menyisipkan Gambar, Shape Dalam Dokumen Dan Crop Image
Menyisipkan Gambar Ke Dalam Dokumen
Menyisipkan Shapes Dalam Dokumen
Croping Image

Modul 13. Membuat Diagram Dan Grafik.
Menyisipkan Diagram Dalam Dokumen
Membuat Diagram Grafik

Modul 14.  Membuat Dan Mencetak Mail Merge.
Membuat Mail Merge 
Mengedit Data Source Mail Merge
Mencari Entry Data Source
Mencetak Mail Merge

Modul 15. Membuat Label Amplop Mail Merge.
Membuat Label Amplop Menggunakan Mail Merge
Mencetak Label Amplop Mail Merge

 
;